HOTELIER
Sebutan buat siapa pun yang bekerja di bidang perhotelan.
Pada era sekarang bisnis perhotelan atau bisnis pariwisata sedang naik daun di dunia, tidak perlu jauh-jauh bisa di lihat di Indonesia sendiri seperti tidak bisa dihitung jumlah hotel yang sudah ada untuk menampung para wisatawan luar atau dalam Negeri. Bisnis perhotelan ini mengutamakan pelayanan, siapa pun yang bekerja disini harus sadar kalau "Tamu adalah Raja" yang arti nya harus di jamu atau di layani sebaik mungkin meski terkadang pikiran, hati, dan perasaan sedang kacaw staff hotel dituntut untuk tetap harus senyum dan ramah terhadap tamu .. hehe
Saat ini hotel bukan lagi menjadi tempat yang dibilang "Mahal" yang rasa nya tidak semua orang bisa menginap di hotel, sekarang ini hotel-hotel budget di sediakan untuk para wisatawan yang pastinya untuk harga jauh lebih murah di banding hotel ***** tetapi mendapatkan fasilitas yang tidak kalah dengan Hotel besar lainnya, seperti AC, TV Flat, dll . Bisnis hotel atau property ini sangat menjanjikan untuk investasi karena setiap tahun jumlah pengunjung wisatawan tidak menurun justru terus bertambah dengan terus di permudahnya dan di gali nya tempat-tempat wisata nya.
Pendidikan yang harus di miliki untuk siapa saja yang ingin bekerja di hotel tidak hanya dari SMIP (Sekolah Menengah Ilmu Pariwisata) saja, ada juga untuk sekolah tinggi nya seperti Universitas Negri Enhaii Bandung, untuk Universitas Pasriwisata Swasta yang Favorite ada Trisakti Jakarta, dalam menempuh pendidikan itu Siswa/Mahasiswa di wajibkan mengambil Training/Praktek kerja lapangan di Industri Pariwisata yang di buka kesempatan nya tidak hanya di Indonesia tetapi di Luar Negeri pun di perbolehkan.
Tidak hanya itu pembelajaran yang di mulai dari pengenalan Departerment yang ada di dalam hotel :
1. Human Resorce Development
2. Accounting
3. Front Office
4. House Keeping
5. Food and Beverage Service
4. Food and Beverage Product
Human Resource Development
Bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pengembanga SDM yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan pedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahan, mengevaluasi setiap kualitas kerja karyawan, melaksanakan seleksi , promosi, trasnfering , demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu
Front Office
Front office atau kantor depan berpusat di lobby , welcoming guest, membantu untuk proses check-in atau check-out, cashiering, ada juga Guest Relations Officer yang menjadi bagian dari Departement Front Office ini yang tugas nya sebagai perantara atau jembatan antara tamu dengan pihak hotel oleh karena itu GRO membutuhkan seorang yang mampu bercakap kepada semua orang dengan baik, memastikan kepuasan tamu selama menginap di hotel ,spesialis treatment untuk tamu-tamu VIP VVIP atau tamu-tamu yang dinggap penting oleh perushaan.
HouseKeeping
Nah departement ini sangat berkaitan dengan front office, saling membutuhkan karena kalau di lihat dari sisi mudah nya Dept Front Office lah yang berperan menjual kamar sedangkan Housekeeping lah yang bertugas menyiapkan, membersihkan kamar untuk di isi tamu yang selanjutnya. Tidak bisa di pungkiri kalau Dept Housekeeping lah yang berperan penting atas kebersihan yang sangat mendukung pula untuk komen-komen baik dari tamu untuk hotel.
Food and Beverage and Food Product
Departement ini memegang peranan penting dalam suatu hotel untuk menjual atau menyediakan makanan dan minuman, memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin agar tamu merasa puas, hal ini menyangkut pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan dekorasi ruangan serta tata ruang suasana sekitar , peralatan dan kebersihan.
Sedangkan untuk food product berperan sebagai departemen balik layar yang menyajikan makanan utnuk tamu-tamu hotel, tidak kalah pentinya karena dari makanan dan service yang baik lah penigkatan penjualan kamar bisa meningkat dan mengacu pada feedback baik tamu.
Demikian pengetahuan singkat mengenai dunia perhotelan semoga dapat membantu :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar